Rabu, 18 Januari 2017

DANAU BUYAN

Danau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Ia diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di timur. Danau Buyan adalah yang terbesar dari ketiganya.
Di antara danau Buyan dan Tamblingan yang terpisahkan oleh hutan sepanjang kurang lebih satu kilometer, terdapat sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau Buyan melalui sebuah kanal sempit. Oleh masyarakat kolam ini dinamakan Telaga Aya.

Pengelolaan danau buyan ini berbeda dengan danau batur dan danau beratan, namun sama dengan danau tamblingan. Pemerintah telah menetapkan kawasan danau buyan menjadi kawasan Taman Wisata Alam (WTA), bukan hanya pada daerah danau saja namun meluas sampai kawasan danau tamblingan. Luas Taman Wisata Alam ini adalah lebih dari
1.700 hektar belum termasuk hutan-hutan di pinggiran danau. Jika dihitung luas wilayah konservasi hutannya mencapai 15.000 hektar yang sebagian besar adalah hutan belantara dan hanya sedikit kawasan taman hutannya.
Selain anda bisa menikmati keindahan danau buyan dari Kawasan Bumi Perkemahan, anda juga bisa memancing di sekitaran danau ini. Tetapi syaratnya adalah anda harus membawa pancing pribadi dari rumah anda karena di sekitaran danau ini tidak akan ada jasa penyewaan pancing seperti halnya di danau beratan. Anda ingin bermalam di danau ini, anda bisa berkemah di Kawasan Bumi Perkemahan ini. Namun anda mesti tetap membawa sebuah tenda karena fasilitas disini tidak begitu lengkap. Hanya ada fasilitas untuk melakukan MCK di Kawasan Bumi Perkemahan ini.Seluruh kawasan di pinggiran danau ini adalah sebuah hutan, hanya sedikit kawasan di pinggiran danau yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagaia kawasan pertanian. Warga sekitar memanfaatkan lahan yang ada dengan menanami beberapa sayur-mayur dan buah-buahan yang dapat hidup di daerah dingin seperti strawbery, kol, dan yang lainnya. Bagi anda para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di danau ini, anda bisa memanfaatkan Kawasan Bumi Perkemahan yang terletak di sebelah selatan danau buyan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar