Senin, 09 Januari 2017

PENEMUAN ULAR RAKSASA DI KALIMANTAN

CONTOH BERITA HOAX.

Masyarakat dunia pernah dihebohkan dengan sebuah foto penampakanular raksasa yag berenang disungai pedalaman hutan kalimantan. Berawal dari foto yang dimuat di surat kabar Telegraph,London pada 20 februari 2009.Dalam keterangan,foto itu diambil dengan menggunakan helikopter.

Foto itu dengan cepat beredar di internet dengan kehebohan yang luar biasa . Namun akhirnya terbongkar bahwa itu merupakan berita hoax hasil rekayasa photoshop.


 Ciri-ciri Hoax
  •  Hoax yang berupa uraian tulisan / berita.
Salah satu citi utama hoax yang berupa uraian tulisan yaitu kata-katanya semua sama di semua situs apabila dicari di google, alias cuma Copy Paste dari satu situs ke situs lainya. Pikirkan aja pakai akal, apabila memang berita besar, tidak mungkin hanya ada satu penulis yang menulisnya.
Selain itu semua hoax sumbernya tidak jelas dan isinya pun terkesan mengada-ada (dibesar-besarkan) dan beritanya tidak jelas. Biasanya pelaku hoax mencantumkan kalimat2 dibawah ini
• Ada kalimat “Sebarkan ke tmn2 anda jg ya”. Ciri khas hoax adalah meminta penerima menyebarkan ke sebanyak mungkin penerima.
• Ada kalimat “Sudah banyak yang tertipu”. Kalimat ini bertujuan untuk meyakinkan penerimanya untuk segera mengirimkan hoax tersebut. Padahal kalau begitu, justru yang tertipu adalah yang menyebarkannya.

  •  Hoax yang berupa foto
    Sama seperti hoax pada uraian tulisan, ciri utama Foto Hoax yaitu foto tersebut HANYA DIAMBIL PADA SATU SUDUT PANDANG. Ciri foto hoax apabila dicari di google maka hanya akan ditemukan gambar yang sama yang di dipotret pada sudut yang sama alias foto tersebut aslinya hanya ada satu saja.
    Sebagian besar foto hoax telah dimodifikasi menggunakan photoshop agar tampak meyakinkan. Selain itu foto hoax biasanya memanfaatkan nama tempat, agama, suku, kelompok, symbol, perkumpulan, perusahaan ataupun nama Negara tertentu agar lebih menyakinkan.
    Beberapa foto hoax adalah foto yang tidak sengaja diambil pada sudut pandang tertentu sehingga membuat objek foto tersebut berbentuk menyerupai objek lain.
    Selain itu ada juga foto2 yang diburamkan atau seakan-akan diambil dari jarak jauh sehingga tidak jelas. biasanya hoax dari foto2 yg diburamkan iki adalah foto2 hewan2 cryptologi atau foto2 mistis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar